HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:2B7D0DB6

Buka Bersama TNIKetahanan Negara~ Ada berbagai macam hal yang dapat kita lakukan untuk mempertahan kan semangat persatuan dan kesatuan dari negara kita ini. Tentu saja hal tersebut tercermin bahwa kedaulatan bangsa memang hal yang harus diperhatikan dengan benar.

Dari sini pula juga dapat diingat kembali bawa menjaga kedaulatan bukan berarti harus terus tetap dan tegas mengangkat senjata, karena pada dasarnya menjaga kedaulatan dapat dilakukan oleh berbagai pihak.

Seperti acara yang digelar dengan snegaja oleh jajaran Tentara Nasional Indonesia yang menggelar buka puasa bersama dengan Badan Esekutif Mahasiswa (BEM) se-Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur, serta beberapa personel Resimen Mahasiswa (MENWA) juga turut andil dalam mengikuti silahturahmi acara buka Puasa bersama ditengah-tengah bulan Ramadhan.

Menurut Panglima TNI Jend. Dr Moeldoko, acara buka puasa bersama dilakukan dengan tujuan mempererat tali silahturahmi yang pada akhirnya akan melahirkan suatu simbiosis mutualisme yang dapat menguntungkan oleh berbagai pihak.

Melalui silahturahmi tersebut juga dapat menimbulkan rasa ingin menjaga keadaulatan, keutuhan, dan keselamatan suatu bangsa dan negara secara bersamaan. Hal tersebut tentu saja menjadi wujud utama pentingnya menjaga kedaulatan.

Dalam acara tersebut juga dilansir bahwa, seluruh kegiatan tidak hanya bertitik pada ajang silahturahmi saja, akan tetpi juga meningkatkan segenap kontribusi mahasiswa untuk lebih memperhatikan berbagai rangakaian kegiatan ketahan nasionalsecara terpadu.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa kegaiatn yang bermanfaat akan menghasilkan suatu kontribusi yang positif pula. Hal serupa yang diharapkan oleh Panglima TNI, bahwa mahasiswa dituntut mampu untuk memberikan kontribusi yang positif bagi suatu negara.

Pengertian Kedaulatan

Pada dasarnya kedaulatan merupakan hal yang istimewa bagi suatu bangsa dan negara. Mengapa demikian ? dari arti kedaulatan saja dapat ditafsirkan bahwa kedaulatan merupakan berbagai macam hak istimewa yang dimiliki oleh suatu negara.

Dalam kedaulatan diartikan juga sebagai kekuasaan yang tertinggi dari suatu negara. Perkembangan kedaulatan juga memiliki berbagai macam teori yang berbeda. Menurut Aristotales dan Jean makna sesungguhnya dai kedaulatan itu sendiri adalah bergantung pada penggunaan dari kedaulatan itu sendiri.

Sifat Kedaulatan

Apa yang menjadi dasar jalannya suatu negara tentu saja akan memiliki beragam sifat yang emnjadi ciri khas tersendiri bagi suatu negara. Adapun sifat dari kedaulatan, meliputi ;

  1. Permanen
  2. Asi
  3. Bulat
  4. Tidak terbatas

Dalam kedaulatan sifat permanen disebut sifat yang tidak dapat berubah meskipun, dalam artian suatu negara yang memiliki kedaulatan akan tetap memiliki hak istimewa selam negara tersebut masih tetap ada.

Sedangkan kedaulatan yang memiliki sifat tidak etrbatas dapat diartikan sebagai kedaulatan atau hak istimewa yang tidak bisa dibatasi oleh siapapun. Apabila kedaulatan tersebut mampu dibatasi oleh seseorang, ciri khas dari kedaulatan yaitu kekuasaan tertinggi akan hilang.

Demikian artikel yang membahas mengenai Kedulatan Negara, Upaya Menjaga Kedaulatan Negara, Arti Penting Kedaulatan Negara, Sifat Kedaulatan Negara, Panglima TNI Jend. Dr Moeldoko, Ketahanan Negara. Semoga artikel yang Kami sajikan mampu memberikan wawasan untuk Anda.

Artikel yang Terkait:

Incoming search terms:

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

home